Hijab Gaul Dan Juga Hijab Syari, Termasuk Yang Manakah Anda?

Perkembangan zaman semakin pesat, semuanya serba serbi modern. Mulai dari teknologi, transportasi hingga ke fashion yang mengalami perkembangan cukup pesat. Perkembangan ini pun selalu diikuti oleh setiap orang, karena secara tidak sadar siapapun akan menerapkan perkembangan ini. Fashion muslim sekarang pun tidak kalah modis dengan perkembangan fashion-fashion lain nya, contohnya penggunaan hijab.

Hijab merupakan busana muslim terusan panjang yang menutupi semua badan kecuali wajah, tangan dan juga kaki, yang biasanya dipakai oleh wanita muslim (muslimah). Penggunaan pakaian ini tentu saja terkait dengan tuntutan syariat yang diwajibkan kepada para perempuan muslim untuk menutup auratnya. Di Indonesia sendiri, trend busana ini pun semakin mengalami perkembangan yang cukup pesat. Banyak sekali kita jumpai beragam model jilbab sekarang ini dari yang panjangnya hingga lutut, sedada atau bahkan cuma sampai leher dengan beragam warna dan motif yang cukup menarik.

Biasanya remaja, mahasiswa, dan juga ibu-ibu yang ingin tampil modispun sengaja memakai jilbab hanya sampai leher, dan kerap kali dinamakan hijab gaul. Padahal, penggunaan hijab sendiri langsung diperintahkan oleh Allah SWT, yang sejatinya untuk menutup aurat, yaitu penggunaan baju yang tidak ketat dan transparan yang sesuai dengan tuntunan syariat.  Seperti dalam firman allah swt berikut ini :

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya : Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Ahzab : 59)

Pada ayat diatas sudah jelas bahwa Allah SWT menyerukan kepada kita wanita muslim agar mengulurkan jilbab hingga ke seluruh tubuh. Jilbab di sini maksudnya adalah baju kerudung yang tidak ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh seorang wanita untuk menutupi aurat. Tujuannya adalah biar para wanita muslim lebih mudah dikenali/terkenal , karena itu mereka tidak diganggu. Tapi faktanya sekarang penggunaan jilbab banyak yang menyeleweng dari aturan, Hanya
demi bisa gaul saat menggunakan hijab.

Hijab gaul disini adalah pemakaian hijab yang sering dipakai kebanyakan wanita muslim saat ini. Entah karena mereka tidak/belum mengetahui aturan ini, atau mereka sudah tahu dan paham, namun enggan melakukannya dengan alesan tampil modis. Hijab gaul adalah cara pakai hijab yang dililit (dada tidak tertutup hijab), dengan pakaian/baju celana yang ketat dengan memperlihatkan bentuk tubuh, yang penting asal panjang hingga menutupi kaki. Sedangkan hijab syar’I adalah hijab yang sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan ada di dalam Al-Qur’an dan juga hadist, tidak ketat.

Untuk itu, mulai sekarang mulailah menggunakan hijab sesuai dengan aturan yang telah Allah SWT berikan. Mungkin dibawah ini merupakan cara untuk mengenakan hijab syar’i.
1. Gunakanlah jilbab yang panjang dan tebal (tidak tipis dan transparan), sesuai dengan ada di dalam Al-Quran dan Hadist.
2. Gunakanlah baju gamis atau baju yang longgar, tidak membentuk lekukan tubuh. Hal ini juga telah dijelaskan di dalam Al-Quran dan Hadist.
3. Hindari penggunaan hijab punuk unta. Hijab punuk unta ini adalah yang rambutnya nampak/kelihatan yang digelungkan saat berhijab, atau menggunakan ciput yang mirip gulungan rambut.
4. Gunakanlah kaos kaki, karena kaki termasuk ke dalam aurat wanita.

Oke, mungkin sekarang sudah menegerti bukan mengenai aturan dan cara penggunaan hijab dalam Islam? Untuk itu, mulai sekarang ayo segera benahi diri kita untuk bisa menjadi pribadi yang semakin baik lagi. salah satunya adalah hijab sport. Jadi, tunggu apalagi? Segeralah lengkapi busana muslim anda di sporthijabjogja.com terutama hijab yang khusus untuk olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *